Jackson Marion - Indonesia's Blogger

Tutorial Membuat PC Gaming Sendiri

Pernah dengar orang menyebut tentang PC game? Tentu saja, sekali dua kali kamu pernah dengar. PC sendiri merupakan singkatan dari personal computer alias komputer pribadi. Nah, pengertian PC GameĀ  merujuk pada permainan atau game yang biasa dimainkan di komputer pribadi dan bukan pada video game konsol. Pada dasarnya PC game dibuat oleh suatu pengembang permainan yang bisa saja bekerja sama dengan spesialis game (pencipta game) yang kemudian dapat dipublikasikan secara independen maupun lewat publisher pihak ketiga.

Mencoba Menciptakan Game Sendiri

Dengan banyaknya jumlah PC game dengan berbagai jenis dan tema permainan, pernahkah kalian berpikir untuk mencoba membikin PC game kalian sendiri? Tutorial membuat PC gaming sendiriĀ  bisa membantu kamu mewujudkan ide-ide kreatifmu dalam bentuk permainan komputer.

Sebelum lanjut lebih jauh dalam mewujudkan game seru impianmu, berikut ini beberapa tips yang perlu kamu perhatikan sebelum atau selama proses menciptakan PC gaming buatanmu sendiri:

  1. Dana

Poin ini merupakan hal yang pertama dan utama yang mesti kamu pikirkan dengan matang dari jauh hari. Perlu diingat, bahwa dana yang akan kamu keluarkan tidak boleh sampai kurang tetapi juga jangan melakukan pengeluaran berlebihan. Buatlah anggaran dana secara spesifik sehingga kamu tahu sebanyak apa uangmu harus dibelanjakan. Sebagai gambaran umum, rata-rata orang memiliki anggaran Rp. 5 juta rupiah untuk membuat PC game sendiri.

  1. Prioritas Kualitas

Setelah memiliki budget yang cukup, selanjutnya pikirkan kualitas game seperti apa yang kamu inginkan. Tetap harus diingat bahwa kualitas yang kamu mau harus seimbang dengan dana yang kamu miliki ya. Disini kamu bisa mempertimbangkan perangkat keras atau hardware seperti apa yang bakal kamu gunakan nantinya.

  1. Tegangan Listrik Rumah

Hal penting lainnya dalam tutorial membuat PC gaming sendiri adalah jumlah watt listrik yang ada di rumahmu sekarang. Mengapa ini penting? Karena spesifikasi yang dibutuhkan dalam perakitan berpengaruh dengan jumlah tegangan listrik. Diperlukan tegangan listrik stabil dan cukup sehingga kamu tidak akan mengalami hal-hal diluar rencana seperti tarif listrik melonjak naik atau tegangan turun dan mati listrik. Intinya sesuaikan kebutuhan, bukan keinginan saja ya!

  1. Komponen Dasar

Walaupun kamu sudah mengenal dunia per komputeran dan IT dengan baik, bukan berarti kamu berhenti belajar dan memahami lebih jauh soal komponen komputer. Hal ini juga berpengaruh dalam proses pembelian komponen. Jika kamu mengenal komponen dengan baik, maka besar potensimu mendapatkan komponen yang berkualitas baik dengan harga yang terjangkau. Pada dasarnya, dalam tutorial membuat PC gaming sendiri ada komponen hardware yang mesti kamu catat dan siapkan, antara lain: casing, processor, motherboard, heat skin, memory, hard disk, DVD/CD ROM, VGA, monitor, keyboard, mouse, dan speaker.

  1. Posisi Komputer

Jika kamu sudah mendapatkan semua komponen utama disertai dengan peralatan pendukung seperti obeng, tang dan lain-lain, selanjutnya kamu harus mencari lokasi yang tepat untuk menempatkan komputermu. Pastikan tempat komputer tidak berada di ruangan yang lembab dan basah. Selain itu sirkulasi udara ruangan juga harus diperhatikan. Sirkulasi udara untuk computer gaming sangat penting karena berpengaruh jika terjadi overheating dalam CPU. Hal ini tidak boleh terjadi karena overheating sangat menurunkan performa komputer. Sebagai saran, sebisa mungkin tempatkan komputer di ruang ber-AC sehingga udara di sekitar CPU terasa sejuk atau tempatkan dekat jendela yang memiliki kontak langsung dengan angin.

Itu tadi lima poin penting dalam tutorial membuat PC gaming sendiri yang perlu kamu perhatikan. Sebelum kamu merakit ada baiknya menyimak beberapa tips mudah dan praktis diatas sehingga proses perakitan PC game nantinya berjalan mulus.