Jackson Marion - Indonesia's Blogger

Mengenal Jenis-Jenis Investasi Masa Kini

Investasi merupakan hal yang cukup penting untuk semua orang demi melindungi aset-asetnya. Telah banyak jenis-jenis investasi yang bisa Anda pilih demi perlindungan aset yang Anda miliki. Salah satunya yang sedang mendapat perhatian publik yaitu bitcoin. Cara investasi bitcoin ini memang banyak sekali pro kontra, namun tetap saja masih banyak orang yang menginvestasikan hartanya dengan memilih jenis investasi cryptocurrency ini.

Jenis-Jenis Investasi

Apabila aset Anda tidak diinvestasikan, bagaimana tidak jika saja Anda memiliki uang sebanyak 100 juta rupiah dengan asumsi bahwa inflasi rata-rata pertahunnya sekitar 2%. Kemudian uang Anda akan disimpan di bank dalam bentuk kartu debit. Maka akan dipastikan sisa uang Anda dalam satu tahun tersebut akan berkurang menjadi 80 juta rupiah. Itu juga belum termasuk biaya administrasi dari bank. Oleh karena itu, sebaiknya dengan penurunan nilai riil pada mata uang sebaiknya Anda manfaatkan untuk menginvestasikan uang tersebut.

  1. Deposito

Jenis investasi yang paling populer adalah deposito, investasi ini juga tersedia dan hampir semua bank melayani jenis investasi deposito. Sistem kerja dari deposito cukup sederhana dan dapat dengan mudah dipahami oleh orang awam. Jadi, Anda akan diminta oleh pihak bank menyetor uang dengan jangka waktu tertentu, biasanya paling sedikit 3 bulan hingga 10 tahun. Kemudian Anda akan dijanjikan bunga sebagai keuntungan yang Anda miliki.

Bunga yang didapatkan untuk kebanyakan deposito berjangka di bank ini sekitar 6% per tahun. Sedangkan jumlah setoran minimum biasanya sekitar 500 ribu rupiah per bulan hingga 5 juta rupiah dalam satu tahun. Kelebihan dari jenis investasi deposito ini adalah Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih pasti dan resikonya sangat rendah. Sedangkan kelemahannya adalah Anda tidak boleh mencairkan uang sebelum jangka waktu pengambilan, jika ingin mencairkan dana Anda, maka akan dikenakan biaya penalti.

  1. Cryptocurrency

Yang satu ini mungkin memang masih sangatlah baru, namanya cryptocurrency. Jenis investasi ini merupakan investasi dengan bentuk mata uang digital. Saking populernya hingga saat ini harga satu keping coin mencapai US$9500, padahal pada awal pembuatan, bitcoin hanya dihargai sekitar $6 per kepingnya. Meskipun tersedia dalam bentuk mata uang digital, mata uang ini dapat digunakan untuk melakukan transaksi dan bisa dicairkan dalam bentuk uang fisik.

Cara investasi bitcoin ini sama seperti saham, sehingga Anda akan berekspektasi bahwa uang digital tersebut semakin lama akan semakin mahal. melihat keuntungan yang cukup tinggi pada jenis investasi ini, tentu resiko yang dimiliki juga sangat tinggi. fluktuasi yang tinggi serta sentimen pasar yang tidak stabil membuat prediksi investasi ini sangat beresiko.

  1. Saham

Jenis investasi yang paling populer dari dulu kala apalagi jika bukan saham. Sistemnya Anda membeli saham pada bursa, kemudian secara teknis Anda akan dianggap membeli beberapa persen dari kepemilikan perusahaan. Tentu besaran saham yang Anda miliki akan menentukan seberapa kuat keputusan Anda dalam perusahaan.

Ada dua keuntungan yang akan Anda peroleh jika menginvestasikan uang dalam bentuk saham. Pertama akan memperoleh capital gain yang merupakan keuntungan investasi sesuai dengan sentimen pasar, sedangkan yang kedua adalah deviden yang merupakan keuntungan dari perusahaan.

Demikian beberapa jenis investasi yang bisa Anda ketahui, dari mulai investasi deposito, cara investasi bitcoin, serta investasi saham yang masih populer hingga kini. semoga penjelasan tadi dapat bermanfaat untuk Anda.