Jackson Marion - Indonesia's Blogger

Hal yang Diperhatikan Saat Memakai Mukena

Sebagai seorang muslimah, menutup aurat adalah hal yang sangat penting. Menutup aurat juga merupakan suatu syarat sah apabila kita mengerjakan shalat. Jika kita mengerjakan shalat, maka aurat kita harus tertutup semua dengan menggunakan kain. Akan tetapi kain tidak cukup menutup aurat karena harus dijahit menjadi mukena. Jika kita ingin membeli mukena yang murah maka kita dapat membeli mukena di tempat grosir mukena murah.

Dalam menutup aurat kita juga harus memperhatikan hal hal yang penting. Hal ini dikarenakan saat kita menggunakan mukena dengan posisi yang salah maka aurat yang akan kita tutupi juga tidak akan tertutup dengan sempurna. Selain itu juga dapat mempengaruhi tentang sah atau tidaknya ibadah shalat kita.

Bagian Tubuh Yang Harus Tertutup Mukena

Dalam memakai mukena maka seluruh bagian tubuh harus tertutup semua kecuali kedua telapak tangan dan wajah kita. Batas kepala yang tertutup mukena yaitu antara wajah dan rambut yang mana rambut harus tertutup semua dan tidak boleh kelihatan sedikit saja. Kemudian dalam memakai mukena Anda disarankan memakai mukena yang langsungan karena saat kita mengangkat tangan kita jika menggunakan mukena potongan, biasanya akan terlihat telapak tangan kita. Anda dapat mencari mukena langsungan di grosir mukena murah. Sedangkan untuk hal hal yang harus diperhatikan saat memakai mukena akan di ulas di bawah ini.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Mukena

  1. Berhati hatilah agar rambut tidak terlihat

Kita sudah mengetahui bahwa rambut adalah bagian dari aurat yang harus tertutup saat mengerjakan sholat. Saat kita sedang mengerjakan ibadah sholat meskipun sudah menggunakan mukena kadang masih terlihat beberapa atau sehelai rambut yang keluar. Rambut yang keluar biasanya rambut yang baru saja tumbuh atau poni.

Agar rambut tidak terlihat saat menggunakan mukena maka Anda disarankan sebelum menggunakan mukena harus memakai dalaman atau ciput yang mempunyai fungsi menjaga rambut agar tetap stay dan tidak keluar. Kemudian Anda harus memastikan dengan cara melihat cermin apakah rambut Anda keluar atau tidak. Anda juga dapat bertanya kepada teman tentang rambut Anda apakah sudah tertutup semua atau masih terlihat.

  1. Pastikan belakang dagu tertutupi

Tanpa kita sadari bahwa kita saat memakai mukena tetapi bagian belakang dagu masih tetap terlihat. Hal ini berarti kita menampakkan aurat kita tanpa kita sadari karena saat kita menutup aurat bagian yang boleh terlihat hanyalah wajah dan kedua telapak tangan saja. Jika menggunakan mukena pastikan bagian belakang dagu harus tertutupi.

  1. Jangan biarkan ada bagian tubuh terlihat saat melakukan takbir

Saat kita melakukan takbir tanpa sadar kita mengangkat tangan kita terlalu tinggi dan mengakibatkan ada beberapa bagian tubuh terlihat dan tidak tertutup mukena. Untuk itu agar tidak terlihat bagian tubuh kita maka sebaiknya menggunakan baju dengan lengan yang panjang. Kemudian jika Anda tidak menginginkan menggunakan lengan baju yang panjang maka ada solusi lain yaitu dengan menggunakan mukena yang terusan agar bagian tubuh kita tidak terlihat saat melakukan takbir.

  1. Saat mukena kita tertiup angin

Tanpa kita sadari jika kita melakukan ibadah sholat kadang mukena kita tertiup angin. Hal ini sangat sering saat kita melakukan gerakan sujud. Biasanya mukena tersebut tersingkap dan mengakibatkan aurat terlihat. Agar aurat kita tidak terlihat saat mukena tertiup angin maka dapat dilakukan dengan menggunakan baju lengan panjang dan juga mukena terusan. Anda dapat membeli mukena ini di pusat grosir mukena murah. Jika Anda tidak punya dan tidak ingin membeli maka ada solusi lain dengan cara memasukkan mukena bagian atas ke dalam mukena bawah.

  1. Pastikan bawahan mukena tidak lepas saat bangun dari sujud

Jika menggunakan mukena dengan bahan yang longgar atau bawahan yang longgar sering kali bawahan tersebut terlepas saat kita bangun dari sujud. Untuk itu pilihlah mukena yang tidak longgar agar resiko tersebut tidak terjadi. Apabila kita di tempat umum dan terpaksa menggunakan mukena dengan bawahan longgar maka ikatĀ  kencang bawahan mukena atau dikasih dengan cemiti

  1. Pastikan kaki tidak terlihat

Agar kita dapat menghindari kaki terlihat saat menggunakan mukena maka pilihlah mukena yang tidak longgar ataupun tidak kekecilan. Anda dapat memilih mukena yang pas atau sedikit lebih besar dengan tubuh Anda dan dengan menggunakan kaos kaki agar kaki Anda tidak terlihat. Jika Anda tidak punya mukena maka Anda dapat membelinya di tempat grosir mukena murah di kota Anda.