Jackson Marion - Indonesia's Blogger

7 Cara Mudah Jantung Tetap Sehat

Siapa sangka bahwasanya menjaga jantung itu sangat sulit? Untuk beberapa orang, mungkin aksi yang demikian masih dianggap enteng dan remeh. Tidak perlu memikirkan hal tersebut, dan tetap menikmati kehidupan. Namun siapa sangka jika tiba-tiba Anda harus ke dokter spesialis jantung karena Anda ternyata sudah terkena penyakit jantung seperti serangan jantung misalnya. Harus rawat inap, semua makanan yang disukai harus dihindari, dan lainnya. Pasti sangat menyiksa diri Anda bukan jika berujung dengan hal demikian?

Lalu, Apa Sih Penyebab Bisa Terkena Penyakit Jantung?

Salah satu penyebab yang paling sering dilakukan dan tidak disadari oleh berbagai orang ialah kebiasaan buruk manusia yang sering dilakukan. Walaupun memang faktor genetik mempunyai prosentase yang sangat besar dalam mendiagnosa seseorang memiliki penyakit serangan jantung. Beberapa dokter spesialis jantung berpendapat, ada beberapa kebiasaan buruk penyebab serangan jantung. Diantaranya ialah:

  • Tidur yang mendengkur

Mungkin banyak orang yang sering mendengar teman kita, pasangan kita, atau mungkin anggota keluarga kita di saat mereka tidur, ada saatnya dimana mereka pasti mendengkur. Terdengar seperti ingin bernafas dengan bebas, namun seperti ada yang menghalanginya. Sehingga seperti orang yang tersedak. Dan sebenarnya kebiasaan tersebut sangat tidak bagus untuk jantung.

  • Obesitas

Jelas, obesitas memang bisa menimbulkan berbagai penyakit berbahaya yang bisa menyerang manusia dengan mudahnya, termasuk serangan jantung. Yang pada akhirnya mereka harus dirawat dan mereka harus memakan obat medis dari resep dokter tersebut. Dan biaya yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit. Jadi, masih ingin terus obesitas?

  • Penyuka berat kopi

Dimana kopi memiliki kandungan kafein yang memiliki prosentase masing-masing di setiap jenisnya. Namun siapa sangka bahwasanya kafein sendiri sangat tidak bagus untuk kesehatan jantung. Terutama dalam hal kinerja jantung untuk bisa memompa darah ke seluruh organ tubuh dan kembali lagi ke jantung. Jadi, pikirkan kembali jika ingin menjadi penikmat kopi sejati.

Jadi, Bagaimana Kita Bisa Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat?

Dimana salah satunya ialah mengubah pola kebiasaan sehari-hari kita yang mungkin dinilai akan merusak kesehatan jantung. Salah satu kebiasaan baik yang bisa diaplikasikan ialah mulai membangun kebiasaan berolahraga secara rutin. Walaupun dilakukan hanya beberapa menit, namun harus dilakukan secara terus menerus. Ada juga yang lainnya:

  • Rutin cek kesehatan

Seperti kesehatan jantung ke spesialis jantung, lalu cek tekanan darah apakah masih normal atau yang lainnya. Karena memang jantung sangat erat kaitannya dengan darah. Dimana jantung sendiri merupakan salah satu organ tubuh yang bisa memompa darah untuk mengalir ke seluruh tubuh, lalu kembali lagi ke jantung.

  • Penuhi kebutuhan mineral tubuh

Dengan cara minum air putih sebanyak 8 gelas sehari, di sela-sela aktivitas Anda. Mengingat air merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk kesehatan tubuh agar tetap fit dan bisa menjalani hari dengan baik. Juga prosentase kebutuhannya hampir 70% tubuh membutuhkan komponen tersebut.

  • Ganti ke makanan sehat

Dimana biasanya Anda sering memakan makanan berjenis instant, seperti burger, spagheti, pizza, atau yang lebih murah ialah mie instant. Sekarang hindari hal tersebut. Ganti dengan menu kaya akan jenis sayur, buah dan lainnya yang mengandung vitamin dan mineral, serat dan lainnya yang memang diperlukan oleh tubuh.

  • Kendalikan emosi diri

Yang mana emosi ini memicu Anda mudah stres dalam menghadapi masalah apa pun. Makanya banyak sekali orang yang sering memberikan berbagai rekomendasi tempat wisata di waktu weekend dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk bisa mengurangi stres yang dialami dengan pergi berwisata alam, dan lainnya.

  • Stop merokok

Dimana kita tahu rokok memiliki zat adiktif yang membuat kita ketergantungan untuk terus-menerus merokok di setiap harinya. Padahal kita ketahui bahwasanya zat yang ada pada rokok tersebut bisa menyebabkan terkena serangan jantung, dan penyakit berbahaya lainnya yang mulai mengintai kesehatan Anda.

  • Ikuti prosedur medis

Yang mana jika Anda sudah terlanjur terkena serangan jantung, diusahakan untuk mengikuti peraturan dari pihak medis seperti dokter yang mana menangani masalah kesehatan Anda. Seperti misalnya mengonsumsi obat pereda nyeri jantung, dan lainnya. Sekian mengenai dokter spesialis jantung.